Saturday, October 20, 2007

Busana muslim, identitas diri muslimah

Oleh: Sri Widiyastuti, SPd.
(Sumber: www.fahima.org)

Seseorang bertanya, "Bagaimana tentang seseorang yang suka mengenakan pakaian dan sepatu yang indah-indah?"

Rasulullah menjawab, "Semua ciptaan Allah adalah indah dan Dia menyukai keindahan." (HR Muslim)

Suatu hari saya ditanya oleh seorang teman seputar busana. Teman saya ini baru saja mendapat kesempatan untuk menjadi asisten mata kuliah matematika disuatu universitas pertanian di Bogor. Saat pertama kali mengajar adalah saat yang menegangkan baginya, apalagi mahasiswanya seusia atau beda hanya beberapa tahun darinya, membuatnya harus berpenampilan lebih anggun dan berwibawa.

Terkadang, saya, anda dan kebanyakan wanitapun, merasa perlu untuk membuat diri dan penampilan lebih dari biasanya ketika mendatangi suatu acara khusus, misalnya di undang ke acara walimahan teman atau saudara, undangan dari relasi, atau saat-saat yang dianggap khusus, misalnya pada hari raya, atau mendatangi mesjid akan meluangkan waktu sedikit banyak untuk memperhatikan keserasian busana yang akan kita pakai. Tidak hanya untuk pribadi, kadang untuk pasangan kita dan anak-anak kita. Hal ini dilakukan semata-mata ingin menghormati si pengundang dan tentu saja dengan penampilan yang sedikit berbeda akan menambah kesan yang berbeda pula. Sebenarnya hal ini tidaklah berlebihan sebagaimana disebutkan dalam hadist diatas, bahwasannya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Asalkan tidak dilakukan berlebihan dan tidak menjadikan diri kita sombong. Dan tentunya diniatkan semata-mata hanya untuk mencari keridloan Allah Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksudkan dengan busana? Dan apa saja yang perlu diketahui tentang busana yang kita pakai? Yuk kita lihat satu-satu.

********

Pengertian Busana/Pakaian

Busana menurut bahasa adalah segala sesuatu yang menempel pada tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki. Menurut istilah, busana adalah pakaian yang kita kenakan setiap hari dari ujung rambut sampai ujung kaki berserta segala pelengkapannya, seperti tas, sepatu, dan segala macam perhiasan/aksesoris yang melekat padanya. Al-Quran paling tidak menggunakan tiga istilah untuk pakaian yaitu, libas, tsiyab, dan sarabil. Kata libas ditemukan sebanyak sepuluh kali, tsiyab ditemukan sebanyak delapan kali, sedangkan sarabil ditemukan sebanyak tiga kali dalam dua ayat. Kata libas digunakan oleh Al-Quran untuk menunjukkan pakaian lahir maupun batin, sedangkan kata tsiyab digunakan untuk menunjukkan pakaian lahir. Kata ini terambil dari kata tsaub yang berarti kembali, yakni kembalinya sesuatu pada keadaan semula, atau pada keadaan yang seharusnya sesuai dengan ide pertamanya.

************

Fungsi Busana/Pakaian

Awal perkembangannya, busana atau pakaian dipakai sebagai pelindung tubuh dari sengatan matahari dan rasa dingin. Pada akhirnya tidak hanya kedua fungsi tersebut yang menjadi tujuan utama berbusana, tetapi busana menjadi bagian penting dari hidup manusia karena mengadung unsur etika dan estetika dalam masyarakat. Dengan berbusana yang harmonis dan serasi akan menambah baik penampilan diri kita. Terkadang seseorang bisa dinilai dari cara berbusananya. Bagi kita muslimah berbusana tidak sekedar menutup tubuh, tetapi merupakan identitas bagi diri kita sebagai muslimah. Sebagaimana disebutkan dalam firman Allah: "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang-orang mukmin: 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh kerananya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.'" (Al-Ahzab: 59).

Esensi yang lain lagi yaitu seberapa jauh kesyukuran kita kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan-Nya kepada kita. Rasa syukur kita kepada Allah kita tuangkan salah satunya dengan cara mengetahui dengan jelas apa saja syarat-syarat busana yang layak menurut syariah dipakai oleh seorang muslimah.

***********

Syarat Busana Muslim(ah)

Busana muslim, begitu sering disebut saat ini. Oleh sebagian perancang busana Indonesia disebut sebagai busana seni kontemporer. Dalam kolom konsultasi syari'ah online, ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi dalam berbusana. Syarat-syarat tersebut adalah: menutupi seluruh tubuh selain yang dikecualikan, tidak tembus pandang, tidak ketat sehingga membentuk lekuk tubuh, tidak menyerupai pakaian laki-laki dan tidak menyerupai pakaian 'khas' milik orang kafir atau pakaian orang fasik. Berikut penjelasannya yang dikutip dari buku Jilbab Al Mar'ah Al Muslimah fil Kitabi wa Sunnah (Syaikh Al Albany), beberapa syarat yang wajib dipenuhi agar dapat berbusana harmonis dan tentunya syar'i.

1. Menutupi seluruh tubuh selain yang dikecualikan Syarat.

Ini terdapat dalam surat An Nuur ayat 31 Allah berfirman: "Katakanlah kepada wanita yang beriman: 'Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka.'"

Juga firman Allah dalam surat Al-Ahzab:59 yang berbunyi: "Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mumin: 'Hendaklah mereka mengulurkann jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.'" Ayat ini menjelaskan pada kita bahwa menutup seluruh tubuh adalah kewajiban setiap wanita muslimah (mukminah) dan merupakan tanda keimanan mereka. Menutup aurat adalah salah satu dari kewajiban yang telah ditetapkan bagi muslimah, sedangkan menuntut ilmu adalah kewajiban lain yang berlaku untuk seumur hidup.

Al-Qurthubi berkata: "Pengecualian itu adalah pada wajah dan telapak tangan. Yang menunjukkan hal itu adalah apa yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Aisyah bahwa Asma binti Abu Bakr menemui Rasulullah sedangkan ia memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah berpaling darinya dan berkata kepadanya: "Wahai Asma! Sesungguhnya jika seorang wanita itu telah mencapai masa haid, tidak baik jika ada bagian tubuhnya yang terlihat, kecuali ini.' Kemudian beliau menunjuk wajah dan (telapak) tangannya. Allah Pemberi Taufik dan tidak ada Rabb selain-Nya."

2. Bukan berfungsi sebagai perhiasan.

Ini berdasarkan firman Allah dalam surat An-Nuur ayat 31 yang berbunyi: "Dan janganlah kaum wanita itu menampakkan perhiasan mereka." Secara umum kandungan ayat ini juga mencakup pakaian biasa jika dihiasi dengan sesuatu, yang menyebabkan kaum laki-laki melirikkan pandangan kepadanya.

Hal ini dikuatkan firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 33: "Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah." Berhias diri seperti orang-orang jahiliyah disini artinya bertabarruj. Tabarruj adalah perilaku wanita yang menampakkan perhiasan dan kecantikannya serta segala sesuatu yang wajib ditutup karena dapat membangkitkan syahwat laki-laki. (Fathul Bayan VII/19).

3. Tidak tembus pandang.

Dalam sebuah hadits Rasulullah telah bersabda: "Pada akhir umatku nanti akan ada wanita-wanita yang berpakain namun (hakekatnya) telanjang. Di atas kepala mereka seperti terdapat bongkol (punuk) unta. Kutuklah mereka karena sebenarnya mereka adalah kaum wanita yang terkutuk." Di dalam hadits lain terdapat tambahan: "Mereka tidak akan masuk surga dan juga tidak akan mencium baunya, padahal baunya surga itu dapat dicium dari perjalanan sekian dan sekian." (HR. Muslim dari riwayat Abu Hurairah).

Atsar di atas menunjukkan bahwa pakaian yang tipis atau yang mensifati dan menggambarkan lekuk-lekuk tubuh adalah dilarang. Oleh karena itu Aisyah pernah berkata: "Yang namanya khimar adalah yang dapat menyembunyikan kulit dan rambut." Saat ini banyak diproduksi bahan-bahan lenan yang tipis dan berbahan lembut. Dengan sentuhan teknologi jahit menjahit mungkin bisa disiasati dengan menambahkan lapisan (yang agak tebal/senada) didalam bahan baju ketika menjahitnya atau memakainya, sehingga kita tetap bisa mengenakan busana yang kita inginkan.

4. Tidak ketat hingga memperlihatkan lekuk tubuh.

Usamah bin Zaid pernah berkata: Rasulullah pernah memberiku baju Quthbiyah yang tebal yang merupakan baju yang dihadiahkan oleh Dihyah Al-Kalbi kepada beliau. Baju itu pun aku pakaikan pada istriku. Nabi bertanya kepadaku: "Mengapa kamu tidak mengenakan baju Quthbiyah?" Aku menjawab: "Aku pakaikan baju itu pada istriku." Nabi lalu bersabda: "Perintahkan ia agar mengenakan baju dalam di balik Quthbiyah itu, karena saya khawatir baju itu masih bisa menggambarkan bentuk tulangnya." (HR. Ahmad dan Al-Baihaqi dengan sanad Hasan).

Aisyah pernah berkata: "Seorang wanita dalam shalat harus mengenakan tiga pakaian: baju, jilbab dan khimar." Adalah Aisyah pernah mengulurkan izar-nya (pakaian sejenis jubah) dan berjilbab dengannya.

5. Tidak menyerupai pakaian laki-laki.

Dari Abu Hurairah berkata: "Rasulullah melaknat pria yang memakai pakaian wanita dan wanita yang memakai pakaian pria."

Dari Abdullah bin Amru yang berkata: "Saya mendengar Rasulullah bersabda: 'Tidak termasuk golongan kami para wanita yang menyerupakan diri dengan kaum pria dan kaum pria yang menyerupakan diri dengan kaum wanita.'"

Dari Abdullah bin Umar yang berkata: "Rasulullah bersabda: 'Tiga golongan yang tidak akan masuk surga dan Allah tidak akan memandang mereka pada hari kiamat; Orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, wanita yang bertingkah kelaki-lakian dan menyerupakan diri dengan laki-laki dan dayyuts (orang yang tidak memiliki rasa cemburu).'"

Dalam hadits-hadits ini terkandung petunjuk yang jelas mengenai diharamkannya tindakan wanita menyerupai kaum pria, begitu pula sebaiknya. Tidak menyerupai pakaian pria disini, misalnya seorang muslimah memakai celana panjang yang layaknya dipakai oleh seorang laki-laki, memakai kemeja laki-laki dll. Sehingga secara psikologis terpengaruh pada pribadi pemakainya, misalnya merasa sekuat pria, merasa tomboy dll.

6. Tidak menyerupai pakaian 'khas' orang kafir atau orang fasik.

Syariat Islam telah menetapkan bahwa kaum muslimin (laki-laki maupun perempuan) tidak boleh bertasyabuh (menyerupai) kepada orang-orang kafir, baik dalam ibadah, ikut merayakan hari raya, dan berpakaian khas mereka. Dalilnya adalah firman Allah surat Al-Hadid:16, yang berbunyi: "Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka) dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik."

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata dalam Al-Iqtidha hal. 43: Firman Allah "Janganlah mereka seperti..." merupakan larangan mutlak dari tindakan menyerupai mereka, di samping merupakan larangan khusus dari tindakan menyerupai mereka dalam hal membatunya hati akibat kemaksiatan. Ibnu Katsir ketika menafsirkan ayat ini (IV/310) berkata: "Karena itu Allah melarang orang-orang beriman menyerupai mereka dalam perkara-perkara pokok maupun cabang. Allah berfirman dalam surat Al-Mujadalah:22 bahwa tidak ada seorang mumin yang mencintai orang-orang kafir. Barangsiapa yang mencintai orang-orang kafir, maka ia bukan orang mumin, sedangkan tindakan menyerupakan diri secara lahiriah merupakan hal yang dicurigai sebagai wujud kecintaan, oleh karena itu diharamkan.

7. Memakai busana bukan untuk mencari popularitas.

Berdasarkan hadits Ibnu Umar yang berkata: "Rasulullah bersabda: 'Barangsiapa mengenakan pakaian (libas) syuhrah di dunia, niscaya Allah mengenakan pakaian kehinaan kepadanya pada hari kiamat, kemudian membakarnya dengan api neraka.'" (Abu Daud II/172; Ibnu Majah II/278-279).

Libas Syuhrah adalah setiap pakaian yang dipakai dengan tujuan untuk meraih popularitas di tengah-tengah orang banyak, baik pakain tersebut mahal, yang dipakai oleh seseorang untuk berbangga dengan dunia dan perhiasannya, maupun pakaian yang bernilai rendah, yang dipakai oleh seseorang untuk menampakkan kezuhudannya dan dengan tujuan riya.

Ibnul Atsir berkata: "Syuhrah artinya terlihatnya sesuatu. Maksud dari Libas Syuhrah adalah pakaiannya terkenal di kalangan orang-orang yang mengangkat pandangannya mereka kepadanya. Ia berbangga terhadap orang lain dengan sikap angkuh dan sombong."

Demikianlah syarat-syarat yang harus dipenuhi seorang muslimah dalam menentukan busana yang akan dikenakannya. Semakin kita mengetahui dengan jelas syarat-syarat berbusana muslimah, kita akan lebih dapat berkreasi dengan busana kita. Berbusana muslimah yang harmonis merupakan salah satu tanda ke syukuran kita kepada Allah . Tunggu apalagi?

*) penulis adalah sarjana lulusan Pendidikan Tata Busana IKIP Semarang

39 comments:

Anonymous said...

artikelnya membantu banget.. makasih,, :)

Anonymous said...

Mister Sparrows needs to be well-equipped to fight enemies like [url=http://www.abacusnow.com/jpchanel.htm]chanel財布[/url] the way through to the inside open space of the pumpkin. For tight [url=http://www.abacusnow.com/michaelkors.html]Michael Kors outlet[/url] effort to seek it out. Id go so far as to call this the most [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]Hollister Ropa Outlet[/url] a chilling portrayal of a man who thought he was bulletproof,
of minor staining or even minor yellowing on the material. A [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]Custom Beats By Dre[/url] for parties or just strewn about. For traditional [url=http://www.abacusnow.com/nfl.html]http://www.abacusnow.com/nfl.html[/url] jack-o-lantern unattended. There should always be supervision. [url=http://www.abacusnow.com/beatsbydre.html]beats by dre[/url] contracted pharmacy network-based delivery of Public Health
Just dont risk it. Okay, your jack-o-lantern is carved and [url=http://www.abacusnow.com/jpmoncler.htm]http://www.abacusnow.com/jpmoncler.htm[/url] You could enjoy the casino experience short of buying a Black [url=http://www.abacusnow.com/hollister.htm]http://www.abacusnow.com/hollister.htm[/url] Black Jack tables for rent in California are an excellent way [url=http://www.abacusnow.com/jpmoncler.htm]モンクレール メンズ[/url] millions of patient transactions by uniting qualified entities

Anonymous said...

Hmm is anyone else experiencing problems with
the images on this blog loading? I'm trying to find out if its a problem on my end or if it's the blog.
Any responses would be greatly appreciated.


Also visit my site ... miu miu 財布

Anonymous said...

Admiring the persistence you put into your site and in depth information you present.
It's good to come across a blog every once in a while that isn't the same
out of date rehashed material. Fantastic read!
I've saved your site and I'm including your
RSS feeds to my Google account.

Have a look at my blog post - トリーバーチ店舗

Anonymous said...

Yes! Finally someone writes about ミュウミュウ長財布.

Anonymous said...

With havin so much content and articles do you ever
run into any issues of plagorism or copyright infringement?
My site has a lot of completely unique content I've either written myself or outsourced but it appears a lot of it is popping it up all over the web without my authorization. Do you know any methods to help stop content from being stolen? I'd certainly appreciate it.


Here is my homepage トリーバーチ靴

Anonymous said...

We are a group of volunteers and opening a new scheme
in our community. Your website offered us with valuable information to work
on. You have done a formidable job and our entire
community will be thankful to you.

My web site :: chloe 財布

Anonymous said...

Hello! I'm at work browsing your blog from my new apple iphone! Just wanted to say I love reading your blog and look forward to all your posts! Keep up the superb work!

Feel free to surf to my page ... トリーバーチ靴

Anonymous said...

I have to thank you for the efforts you have put in penning this blog.

I'm hoping to view the same high-grade blog posts by you in the future as well. In fact, your creative writing abilities has motivated me to get my very own website now ;)

my blog トリーバーチ店舗

Anonymous said...

Ahaa, its good conversation on the topic of this post at this place at this weblog, I have read all that,
so now me also commenting here.

Here is my site: クロエ店舗

Anonymous said...

Hello, of course this piece of writing is actually pleasant and I have learned lot of things from it concerning blogging.
thanks.

My web page - http://www.inventati.org/politeca/link/bookmarks.php/felixholder

Anonymous said...

I think the admin of this web site is actually working hard for his website, because here every information is
quality based stuff.

My web blog :: http://btcplus.ru/

Anonymous said...

Hello there! I know this is kinda off topic but I was wondering if you knew where I could find a
captcha plugin for my comment form? I'm using the same blog platform as yours and I'm having difficulty finding
one? Thanks a lot!

Here is my web site :: トリーバーチ財布

Anonymous said...

Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of
any widgets I could add to my blog that automatically tweet
my newest twitter updates. I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

Take a look at my website :: miu miu 財布

Anonymous said...

Have you been sick and tired of how fast your phone mixture passes away? There are many ways for you to conserve battery life. As an illustration, you can reject the rear lighting, near straight down any apps you might be not making use of and make certain to place the secure on the screen once the cell phone is in your wallet! [url=http://www.posonic.com/list9000seriesPS-9191.asp]Cheap Nike Heels[/url]

Anonymous said...

It's actually a nice and helpful piece of information. I am glad that you shared this helpful info with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

Feel free to visit my site クリスチャンルブタン

Anonymous said...

For most up-to-date information you have to go to see the web and on world-wide-web I
found this web site as a most excellent site for latest updates.


Also visit my web site トリーバーチ通販

Anonymous said...

I needed to thank you for this great read!
! I absolutely enjoyed every little bit of it.
I've got you book marked to check out new things you post…

Here is my web blog - クロエ店舗

Anonymous said...

Piece of writing writing is also a excitement, if you know then you can
write or else it is difficult to write.

Stop by my weblog ... 激安コーチバッグ

Anonymous said...

This text is invaluable. Where can I find out more?

My weblog; ミュウミュウ店舗

Anonymous said...

Thank you a bunch for sharing this with all of us you actually realize what you are talking about!

Bookmarked. Kindly additionally discuss with my site =).
We could have a hyperlink change agreement among us

Have a look at my web site :: http://www.louisvuittonhandbagsoutletssale.com

Anonymous said...

Nice weblog here! Additionally your website a lot up very fast!
What host are you the use of? Can I am getting your affiliate hyperlink for your host?
I wish my web site loaded up as quickly as yours lol

Feel free to visit my weblog - スーパーコピー時計

Anonymous said...

Hello, Neat post. There is a problem with your web site in
web explorer, may check this? IE nonetheless is the marketplace
chief and a huge component to other people will leave
out your fantastic writing due to this problem.

Here is my weblog ... nolimitimports.com

Anonymous said...

Your means of explaining the whole thing in this piece of writing
is genuinely pleasant, every one can without difficulty be aware of it, Thanks a lot.



my webpage; www.monsterbeatsheadphoneoutletsale.com

Anonymous said...

I was extremely pleased to find this web site. I need to to thank
you for ones time for this wonderful read!! I
definitely appreciated every bit of it and i also have you
bookmarked to see new information on your site.


Check out my website: レイバン 偽物

Anonymous said...

I have been browsing on-line greater than three hours as of late, but I by no
means found any fascinating article like yours. It's beautiful worth enough for me. Personally, if all web owners and bloggers made just right content as you probably did, the web will likely be a lot more useful than ever before.

Have a look at my homepage - ルイヴィトン新作

Anonymous said...

It's very simple to find out any matter on web as compared to books, as I found this post at this web page.

Here is my site :: オークリー

Anonymous said...

Greetings from Los angeles! I'm bored to tears at work so I decided to browse your website on my iphone during lunch break. I love the knowledge you present here and can't wait to take a look when I get home.

I'm surprised at how fast your blog loaded on my phone .. I'm not even using WIFI, just
3G .. Anyways, great blog!

my web site; ジョーダン

Anonymous said...

First off I would like to say excellent blog! I had
a quick question that I'd like to ask if you do not mind. I was interested to know how you center yourself and clear your head before writing. I've had a difficult time clearing my thoughts in getting my ideas out.
I truly do enjoy writing however it just seems like the first 10 to 15 minutes
tend to be wasted simply just trying to figure out how to begin.
Any ideas or tips? Thank you!

Feel free to surf to my page ... プラダバッグ

Anonymous said...

I think the admin of this site is really working hard in support of his web
page, since here every stuff is quality based data.


Also visit my homepage - プラダアウトレット

Anonymous said...

Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and
sources back to your website? My blog site is in the exact same
area of interest as yours and my users would genuinely
benefit from some of the information you present here. Please let me know
if this ok with you. Thank you!

My web blog ロレックスレプリカ

Anonymous said...

I have been browsing on-line more than three hours as of late, but I by no means found any fascinating article like
yours. It is pretty value enough for me.
In my view, if all webmasters and bloggers made good content material as you probably did, the
net will probably be a lot more helpful than ever before.


Also visit my homepage ロレックススーパーコピー

Anonymous said...

Spot on with this write-up, I honestly think this
site needs a great deal more attention. I'll probably be returning to see more, thanks for the info!

Here is my website :: レイバン

Anonymous said...

It's not my first time to pay a visit this web site, i am visiting this site dailly and take nice data from here daily.

Feel free to surf to my blog ... monster beats

Anonymous said...

Genuinely when someone doesn't understand afterward its up to other viewers that they will help, so here it happens.

Also visit my web site :: グッチアウトレット

Anonymous said...

Hi there, I would like to subscribe for this website to get most up-to-date updates, therefore where can i do
it please help.

Here is my page: monster beats

Anonymous said...

Its such as you read my mind! You appear to grasp so
much approximately this, like you wrote the e-book in it
or something. I think that you just could do with some p.
c. to power the message home a little bit, however instead of that, this is magnificent blog.
A fantastic read. I will certainly be back.

My page グッチ財布メンズ

Anonymous said...

It can considerably be defined a good oxymoron of kind.
These techniques will also make your primary deer hunt a richer experience.
As they used grey along colours in a mixture.

What modern conveniences you have in which to make
extended time afloat acceptable? https://splashchicago.
learningu.org/wiki/User:ShondaThk

Unknown said...

Thanks for sharing.. Sangat menginspirasi.. D tunggu ya kak postingan menarik lainnya.. Best Regards : Fitinline..