Thursday, December 27, 2007

Jilbab, Budaya Orang Arab?

(Sumber: www.syariahonline.com)

Pertanyaan:

Assalamu Alaikum Wr.Wb Pak Ustadz Menurut cerita yang saya dengar bahwa memakai jilbab adalah merupakan budaya orang orang Arab. tolong jelaskan Alqur'an dan hadistnya.

Wassalamu alaikum wr.wb
Nur
Bontang Kaltim


Jawaban:

Jawaban : Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Wanita-wanita arab sebelum datangnya Islam tidak memakai jilbab. Mereka membuka aurat dan membiarkannya terlihat oleh orang lain. Dan mereka baru mengenakan jilbab saat di tengah mereka diutus seorang nabi yang membawa kitab suci yang memerintahkan pada wanita untuk memakai jilbab.

Bahkan perintah untuk memakai jilbab ini pun tidak diturunkan pada saat mula pertama Islam diturunkan, melainkan ketika dakwah Islam sudah memasuki periode Madinah, sekian tahun setelah Rasulullah SAW diangkat menjadi Nabi. Barulah para wanita menjadikan apa saja yang bisa dijadikan penutup aurat ketika ayat berikut ini turun.

'Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka?"' (QS. An-Nur : 31)

'Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.' (QS. Al-Ahzab : 59)

Juga ada hadits Rasulullah SAW kepada Asma binti Abi Bakar:
"Wahai Asma', seorang wanita bila telah haidh maka tidak boleh nampak darinya kecuali ini dan ini. Rasulullah SAW memberi isyarat kepada wajah dan tapak tangannya."

Orang yang beranggapan bahwa jilbab itu pakaian tradisional arab sesungguhnya tidak paham sejarah arab apalagi syariat Islam. Bahkan tidak bisa membedakan antara masyarakat arab dengan ajaran syariat Islam. Padahal keduanya merupakan hal yang berbeda.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

No comments: