Friday, November 13, 2009

Jilbab Gaul...

(Sumber: www.syariahonline.com)

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr. wb.

Bapak ustad yang terhormat,
1. Bolehkah saya menggunakan fasilitas perusahaan (telepon, motor, dll) untuk kepentingan pribadi.
2. Bolehkan saya memakai jilbab dengan gaya gaul (celana jeans agak ketat, baju lumayan ketat, jilbab menutup kepala cuma saya sengaja melihatkan anting-anting dan leher tidak tertutup.
Tolong pak ustad jawabanya (kurang paham terhadap hukum islam)

Wassalamualaikum wr.wb
Dini
Goldfracn


Jawaban:

Assalamu `alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh
Alhamdulillahi rabbil `alamin, washshalatu wassalamu `ala sayyidil mursalin, wa ba`du,

1. Anda boleh menggunakan fasilitas perusahaan untuk kepentingan pribadi sepanjang hal itu secara umum dibenarkan atau diizinkan oleh pihak perusahaan.
Ada beberapa perusahaan yang memang memberikan kelonggaran dalam pemakaian fasilitas ini selama masih dalam batas ambang kewajarannya. Dan itu menjadi hak karyawan yang dibenarkan meski tidak tertulis.
Tetapi kalau ada aturan yang tegas melarang penggunaannya, sebaiknya Anda berhati-hati dari menggunakan sesuatu yang bukan hak Anda.

2. Dari pada sama sekali terbuka, jilbab gaul itu sudah lebih lumayan. Benarkan? Minimal sudah ada niat untuk berjilbab meski mungkin masih bisa disempurnakan lagi. Dan pada hakikatnya niat itu yang paling penting sebelum bertindak. Jadi barangkali ada sebagian kalangan yang melecehkan wanita yang pakai jilbab tapi masih belum memenuhi syarat. Menurut hemat kami, setiap orang pastilah membutuhkan proses untuk sampai kepada taraf sempurna. Termasuk dalam hal berpakaian Islami yang ideal.

Sebab proses perubahan dari busana kantoran yang cenderung tampil seksi, terlihat betis, lekuk tubuh dan seronok menjadi pakai jilbab dan menutup aurat bukanlah hal yang terlalu mudah dilakukan oleh setiap orang. Paling tidak, seseorang butuh niat kuat untuk itu. Padahal, yang namanya penampilan bagi seorang wanita adalah hal yang sangat mutlak pentingnya.

Maka tidak ada salahnya kita beri kesempatan kepada para wanita untuk melakukan proses perubahan secara perlahan namun pasti dalam urusan pakaiannya. Sampai pada titik dimana kesadaran itu datang dengan penuh dan jilbabnya sempurna. Tertutp rapat, tidak membentuk lekuk tubuh, tidak tipis transparan, tidak menyerupai pakaian laki-laki dan tentu saja tidak mengundang syahwat dengan penampilan dan aroma mencolok. Dan yang penting, tidak melenggak lenggok seperti yang digambarkan oleh Rasulullah SAW tentang penghuni neraka.

Setiap kita butuh proses. Dan proses itu adalah sebuah pergerakan dari jahiliyah kepada Islam. Berbahagialah mereka yang terus berjalan bersama proses itu. Dan alangkah sedihnya melihat mereka yang berhenti di tengah jalan, mandek dan mogok dalam proses itu.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

44 comments:

Anonymous said...

Hi!
You may probably be very interested to know how one can manage to receive high yields on investments.
There is no initial capital needed.
You may begin earning with a sum that usually is spent
on daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one project for several years,
and I'm ready to let you know my secrets at my blog.

Please visit my pages and send me private message to get the info.

P.S. I make 1000-2000 per daily now.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Donny-Blogs said...

jilbab dlm hal apapun tdk boleh dilarang...

welcome to salahaur said...

yang saya tau. jilbab model gaul gtu gak boleh, tu gak sesuai dengan sar'i. lebih baik sih qt belajar untuk mengikuti sar'i yang dah dari dulu ada.

hmm said...

anda harus tegas dalm menyikapi hukum berjilbab....
jangan bertele tele...

TIDAK BOLEH

khairun_Nissa said...

jilbab ntuh yang penting menutup aurat...

boleh gaya, asal jgn salah modelnya..

skrg byk asesoris jilbab yang bisa dipake buat tambah modis, sperti slendang bludru ato plonco rajut..

busana muslim said...

artikel yg bagus sekali utk para eanita shalihah

nisrina said...

Sebaiknya memang perlu dituliskan berjilbab yg ideal itu yg seperti apa. So, yg masih pakai jilbab gaul dihimbau untuk bisa menyempurnakan jilbabnya.
kalo masih bingung cari busana muslimah, mampir aja ke sini : http://nisrinabatik.com/kaos-katun/

grosir jilbab paris murah said...

jilbab bukan berarti ga gaul. yg penting bisa menutupi aurat

alvi said...

Berjilbab aurat dan juga berjilbab hatinya, sungguh wanita idaman. salam sukses selalu.
(^_^)

jejakadit said...

andai wanita muslimah memahami seperti yang tercantum dalam surat Al Ahzab ayat 59 yang artinya sebagai berikut. : “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isteri engkau, anak-anak perempuan engkau dan isteri-isteri orang mu’min, supaya mereka menutup kepala dan badan mereka dengan jilbabnya supaya mereka dapat dikenal orang, maka tentulah mereka tidak diganggu (disakiti) oleh laki-laki yang jahat. Allah pengampun lagi pengasih”. mungkinkah smua wanita yg mengaku muslimah akan berhijab?

nabimuhammad.info said...

jilbab gaul itu kaya gimana sih??? emang ada ya istilah jilbab gaul dalam islam???

jilbab terbaru 2011 said...

artikel yang menarik , keep update yaa..ikutan memantau ..salam

muslimfrombanten said...

setuju sama jawaban ustadnya ^^

poppy said...

salam kenal sist... thanks infonya yach

rani said...

artikel yang menarik,bwat saya yg niat berjilbab,terima kasih..

cara memakai jilbab said...

terus dakwahkan jilbab syar'i !!!

sepatu said...

makasih banyak pencerahannnya

yenifhit said...

good bangeet artikelnya

Lia said...

seorang wanita yang berjilbab, sejatinya telah menghargai dirinya sediri..

Lia Jilbab Cantik said...

Selalu berbenah atas kekurangan, itulah salah satu harapan agama. Busana muslimah ada standartnya. Jika masih belum sesuai dengan standar, kita harus berproses untuk memperbaikinya. Jilbab adalah bagian dari busana muslimah, tetapi baju dan celana ketat apakah bagian dari itu?

Nada Shubhiyah said...

Terdapat statement "menurut hemat kami", seharusnya standar kita berfikir n berbuat itu berdasarkan Al_qur'an dan Hadist, jangan sampai hukumnya jelas, malah dibuat rancu.
syariat islam mewajibkan wanita untuk menutup aurat n menggunakan busana khusus ketika keluar rumah

Perintah Mengenakan Khimar

وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَى جُيُوبِهِنَّ

“Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya..”[al-Nuur:31]
khimar (kerudung), yang bisa menutup kepala, leher, dan dada.

Perintah Mengenakan Jilbab
يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang”.[al-Ahzab:59]
jilbab adalah milhafah (baju kurung) dan mula’ah (kain panjang yang tidak berjahit). Di dalam kamus al-Muhith dinyatakan, bahwa jilbab itu seperti sirdaab (terowongan) atau sinmaar (lorong), yakni baju atau pakaian longgar bagi wanita selain baju kurung atau kain apa saja yang dapat menutup pakaian kesehariannya seperti halnya baju kurung.

Liana said...

menurut saya.. kita kembalikan saja kepada tujuan dari berjilbab. yup semua pasti sudah tahu.. menutupi aurat wanita... yang pastinya g boleh ada yang masih terlihat kan.. :)

muslimah.is.me said...

waduh, kok jawabannya terkesan menggampangkan begitu...?
Islam itu tidak boleh memudah-mudahkan atau malah menyulit-nyulitkan...
jilbab itu punya syarat-syarat yang sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah...
jangan berkata ini boleh itu boleh sekedar begitu saja padahal jilbab itu adalah sebuah kewajiban...
maaf saudara dan saudariku...
sesuai dengan ayat Quran surah an-Nuur ayat 31 dan al-Ahzab ayat 59...
syarat jilbab itu antara lain:
1. Menutup bukan membungkus. membungkus itu artinya tidak kelihatan apa yang di dalamnya. jika pakaiannya ketat, maka itu namanya membungkus, tidak menutup.
2. Tidak transparan
3. Tidak menyerupai pakaian orang kafir
4. Tidak menyerupai pakaian laki-laki
5. Bukan pakaian popularitas

waLLAHU a'lam...
by
akuakhwat.blogspot.com

Ichsan Ibnu Ilyas said...

ustadz salah perubahan membthkan proses tp bkn berarti semua. mslh hijab..jilbab, itu sdh jls peritahya. ingat kata rosul; byk wnt yg berpakaian tp telanjang. slh 1 cth ya memakai jilbab tdk dg ilmu.utk apa seolah2 berjilbab tp telanjang. yach'''pakaian ..clana ketat...jilbab dililit ke leher..
1 hal lg kata ustadz mmbthkan proses...apa ustadz tahu kpn ajal dtg....

Ichsan Ibnu Ilyas said...

ustadz salah perubahan membthkan proses tp bkn berarti semua. mslh hijab..jilbab, itu sdh jls peritahya. ingat kata rosul; byk wnt yg berpakaian tp telanjang. slh 1 cth ya memakai jilbab tdk dg ilmu.utk apa seolah2 berjilbab tp telanjang. yach'''pakaian ..clana ketat...jilbab dililit ke leher..
1 hal lg kata ustadz mmbthkan proses...apa ustadz tahu kpn ajal dtg....

Ichsan Ibnu Ilyas said...

ustadz salah ! perubahan membthkan proses tp bkn berarti semua. mslh hijab..jilbab, itu sdh jls perintahnya. ingat kata rosul; byk wnt yg berpakaian tp telanjang. slh 1 cth ya memakai jilbab tdk dg ilmu.utk apa seolah2 berjilbab tp telanjang. yach'''pakaian ..clana ketat...jilbab dililit ke leher..
1 hal lg, kata ustadz mmbthkan proses...apa ustadz tahu kpn ajal dtg....

semua tergantung niat...ustadz niat sholat shubuh kmd raka'atnya dijadikan 4...mnt ente gimana ? ada cenderung ro'yu. sgrlh bertobat !!!!!!

Orang Biasa said...

Itu mah jawabannya "Ustad Gelo"

Cara Memakai Jilbab Yang Baik
Jilbab yang baik adalah jilbab yang sesuai dengan tuntunan Islam, bukan sesuai dengan mode atau trend yang berlaku di masyarakat. Apa saja syarat-syarat cara memakai jilbab yang baik? Beberapa di antaranya :

Menutupi aurat
Jilbab lebar dan menutup dada
Jilbab longgar tidak menampakkan bentuk tubuh
Tidak tembus pandang
Tidak memakai riasan/make up tebal

*http://islam-download.net/cara-memakai-jilbab-yang-benar-3226.html

Anonymous said...

download film-film islami subtitle indonesia

http://inspiremovie.wordpress.com/

RSI SAKINAH MOJOKERTO said...

RUMAH SAKIT ISLAM SAKINAH MOJOKERTO
Jalan RA Basuni 12 Sooko
Kabupaten Mojokerto
Jawa Timur indonesia
Phone: (0321) 321922, 326991, 329669. Sms:085648280307
Fax: (0321) 329670
Email: rsisakinah@telkom.net

jilbab instan said...

Tanpa jilbab gaul, muslimah masih bisa tampil cantik koq.

butik busana muslimah | busana muslimah terbaru | busana muslim trend said...

Klo bisa ya sebisa mungkin menutup dada dan tidak ketat, mungkin teman kita yg berjilbab gaul msh dalam taraf berproses, mdh2an bisa segera berjilbab lbh syar'i

Anonymous said...

Ck..ck..saya curiga ustad ini bukan muslim. Jawabannya cnderung mengaburkn hukum2 islam yg tegas mengatakan TIDAK BOLEH! Masuk islam hrs secara kaffah, jilbab hrus syar'i. Ustad, kami para muslim dn muslimah tidaklah bodoh dn bs dibodohi dgn mudah.

ameera shawl said...

Jika memang berniat berjilbab, lakukanlah dengan baik dan benar sesuai yang diajarkan. Jangan jadikan abu-abu hukum yang sudah jelas hitam dan putihnya

Baju Muslimah said...

Subhanallah.. Memang Wanita adalah Perhiasan Dunia dan Bidadarinya Dunia, maka dari itu kita bisa mengambil manfaat dari tulisa ini..Amiin

Jilbab Modern said...

berjilbab adalah bagian daripada syariat islam bagi muslimah

Poppy said...

Salam kenal sista...

SURYADIN LAODDANG said...

Bukan MUKENA BIASA
Bukan MUKENA BIASA
Bukan MUKENA BIASA
Bukan MUKENA BIASA

Kami adalah mukena distro, mukena yang elegan, eksklusif, berkelas dan tampil anggun.
http://www.mukenadistro.com/2012/04/blog-post.html

ziva said...

nah kalau sudah ada niat berjilbab disni nih banyk cara cara berjilbab tren masa kini www.caraberjilbab.com

jual pashmina dan jual syal said...

Berjilbablah sesuai dengan yang di syariatkan... lakukanlah sesuatu dengan mengetahui ilmunya sehingga menjadi lebih sempurna

Jual Pashmina, Jual Syal, Jual scarf, Scarves Pashmina, IMPORT dan Exclusive http://www.ShawlMate.com

baju muslimah anak said...

Jilbab harus sesuai dengan syariat..menutup aurat dengan sempurna

ezi arief said...

Baca ini hampir terpeleset n berpikiran mundur...smoga ta ada muslimah sperti saya,yg sdang mencari ilmu tntng aturan alloh yg kecele dgn tulisan n penjelasan ust dsni yg seakan2 mempermudah u/ melenceng ...

Nadiya Cs said...

Artikelnya sangat bermanfaat,
jangan lupa mampir di blog aku ya. http://zona-hijab.blogspot.com/

Resa anag reggae said...

kutil di sekitar kemaluan obat kutil kelamin cara mengobati kutil di kemaluan kutil di sekitar kelamin wanita kutil di sekitar kelamin kutil kelamin obat kutil kelamin

david davis said...

cerita dewasa
berita dewasa
cerita sex
cerita hot
cerita porno
birahi tinggi
film dewasa
info spa

I would be so thankful if you did that