Tuesday, November 27, 2007

Cara Berjilbab Menurut Syari'at

(Sumber: www.syariahonline.com)

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum wr.wb.

Pak ustadz saya mau tanya tentang cara berjilbab menurut syariat, soalnya saya punya adik umur 17 tahun kalo pake jilbab itu asal-asalan kadang-kadang jilbabnya itu tidak menutupi auratnya dengan sempurna (digulung kebelakang) sehingga terkadang lehernya itu keliatan. Lantas bagaimana pandangan islam tentang jilbab gaul yang sekarang sedang mode?

Tolong berikan contoh dan dalilnya.

Wassalamu'alaikum wr.wb
Rif_at
Pengadegan, Jak-sel


Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.

Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d,

Kalau mau bicara tentang pakaian wanita muslimah yang ideal dan memenuhi seluruh persyaratan, maka sebagaimana yang disepakati oleh jumhur ulama bahwa aurat wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali muka dan tapak tangan.

Artinya, keseluruh tubuh itu wajib ditutup dengan pakaian kecuali bagian muka dan tapak tangan saja. Sedangkan model pakaian, warna, motif, corak atau stylenya diserahkan kepada masing-masing budaya dan kebiasaan.

Asalkan kesemuanya itu memenuhi syarat standar busana muslimah yaitu:


  • Tidak tembus pandang
  • Tidak ketat hingga membentuk lekuk tubuh
  • Tidak menyerupai pakaian laki-laki atau
  • Tidak menyerupai pakaian 'khas' milik orang kafir atau pakaian orang fasik
  • Benar-benar menutup dan tidak ada yang dibuka atau dibelah sedemikian rupa sehingga bisa memperlihatkan aurat

Itu adalah standar ideal busana muslimah yang bila semua itu terpenuhi, maka sudah cukup. Adapun masalah jilbab gaul yang sekarang jadi mode, bisa kita lihat dari dua arah yang berbeda.

Arah yang pertama, bila kita melihat dari arah ideal. Maka jilbab mode itu jelas masih belum memenuhi semua persyaratan. Misalnya soal ketatnya pakaian itu sehingga tetap membentuk lekuk tubuh. Atau belahan-belahan tertentu yang masih juga memperlihatkan bagian aurat. Juga masalah menyerupai pakaian laki-laki dan seterusnya.

Bila kita nilai dari arah ideal atau tidak, maka jilbab gaul itu tidak bisa dikatakan ideal alias tidak memenuhi syarat busana muslimah.

Yang yang kedua, kita memandang dari arah pakaian trendi di kalangan remaja gaul saat ini yang sedemikian seronok, terbuka, seksi dan cenderung liar dan a moral. Kita bisa mengatakan bahwa pakaian mereka itu sama saja dengan bukan pakaian, karena aurat yang terlihat bukan hanya 'sebagian', tapi justru 'sebagian besar.' Jadi pakaian mereka itu bukan setengah telanjang tapi 2/3 telanjang atau 4/5 telanjang.

Bila dari kalangan mereka ini ada yang mulai sadar dan ingin kembali kepada Islam lalu mulai coba-coba menggunakan busana muslimah meski 'belum memenuhi standar ideal,' maka kita perlu memberi support atau dukungan. Tentu saja dukungan ini sifatnya sementara, karena biar bagaimana pun pakaian idealnya belum terpenuhi.

Tapi support dan dukungan tetap dibutuhkan agar mereka sedikit demi sedikit bisa beradaptasi dengan busana muslimah. Karena kalau mau dibandingkan, biar bagaimana pun jilbal gaul itu tetap lebih baik dari pada baju minim yang mengubar nafsu itu.

Yang diperlukan adalah pendekatan dakwah yang baik dan simpatik kepada mereka agar keinginan baik mereka itu bisa dihargai lebih dahulu. Sambil perlahan-lahan kita mencoba menanamkan makna dan hakikat ajaran Islam secara lebih intensif dan mengena. Nanti pada akhirnya, bila penanaman itu mulai menghasilkan buah, mereka snediri yang akan mengganti jilbab gaulnya dengan busana muslimah yang ideal.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

10 comments:

Anonymous said...

Bagaimana bila kami ini adalah PNS? Kami sudah berjilbab, dan bentuk rok bawah sudah kami usahakan agak lebar, tapi kami tak mungkin memakai atasan yang berbentuk gamis, dan jilbab kami tidak menutup dada melainkan kami ikat kebelakang. Tapi kerah tetap model shanghai, shg dada dan leher tetap tertutup. Masih bolehkah?

Anonymous said...

Assalamu'alaikum
Afwan, saya mohon ijin masukkan tulisan antum dalam blog saya.
Syukron
Wassalam

Anonymous said...

Assalamualaikum Pak Ustadz..
saya ingin bertanya apakah dunia kerja (swasta) secara umum di indonesia sudah menerima dengan baik secara sosial maupun profesional bilamana saya mengenakan pakaian muslimah jilbab yang panjang dan juga gamis saat bekerja?
apakah saya harus memendekkan/menggulung jilbab saya agar dapat tetap memperlihatkan kerah?
apakah ini tindakan yang benar jika saya tetap ambil keputusan untuk memakai jilbab dengan benar disaat saya belum lulus kuliah dan berpacaran lebih dari 6 tahun dan terlampau jauh(maaf), sudah melakukan zina dengan kekasih saya, sementara orang tua tidak tahu dan mereka belum mengizinkan saya menikah sebelum lulus kuliah.
Saya bertekad harus bertobat nasuha setelah menikah nanti, insyaAllah.
Dalam keadaan seperti ini apa yang harus saya lakukan?
Terima kasih atas bantuannya saya sangat mengharapkannya Pak Ustadz.
Terima kasih banyak, mohon maaf jika ada kesalahan. jawaban saya harap bisa dikirim ke
elfarina2009@yahoo.com
Wassalamualaikum

-Elf,Jakarta-

Unknown said...

assalamualaikum,
saya sudah berjilbab pak ustadz, tapi karna saya harus kerja diluar negri dan diharuskan membuka jilbab, jadi saya membuka jilbab saya yang sudah saya pakai sejak saya lulus SD sampai sekarang saya berumur 22thn. keputusan membuka jilbab sangat berat sekali, tapi karna alasan balas budi yang mengharuskan saya bekerja diluar negri dan akhirnya membuka jilbab. Tapi selama saya diluar negri saya banyak muhasabah dan tetap ingin berjilbab ketika kembali ke indonesia, dan punya keinginan untuk benar2 berjilbab tidak seperti sebelumnya (jilbab gaul),dan mempelajari islam dengan benar. karna saya merasa damai dan sejuk memakai jilbab.Tapi lingkungan saya yang tidak memungkinkan untuk saya berjilbab, karna keluarga saya tidak kuat agamanya, dan teman2 saya juga netral, dan saya punya pacar. Bagaimana saya harus menghadapi semuanya pak ustadz? terima kasih dan mohon bimbingannya..
wassalam

Anonymous said...

After an airplаne goes down and thе NTЅB
is termеd in to investigate, it is not long befоre bad things begin to happen.
Florida Tесh can be a prοminent
membеr in the Sunshine Statе Conference.
A method iѕ successful in the market due to efficienсy of the maгκeting team.


Herе is mу ωeblog - Logistics Supply Chain Management Degree London

Anonymous said...

Вeforе yοu're going, revise your financial statement, if you possibly could arrange enough by incorporating months saving. They are all safe, and the suspects are in police custody. Traders obtain and promote fiscal instruments to create cash on individuals revenue.

My page how much do bank teller managers make

Anonymous said...

The staggering lеνel of materiаl wеalth which had been accumulated
in the 3% just by applying the plan that they put together as well as setting specific goals surrounding around personal success and private wealth. The major and core division of concern for Facility Manger is Space Management. The American Council for Construction Education manages awarding this accreditation, so be sure you look at this certification.

my website :: construction management bachelor degree schools

Anonymous said...

When you wаlk direсtly intο get уouг first job
remembеr that first impressions arе everythіng.
We are the leаding range of jοb seeκers whiсh gеt emplоyеd ωithіn
the Mіddle Εast. Nοwadays orgаnіsаtions hаvе аccess wіth
a lot mοгe ԁаta - stoгage is
cheaрer and sіmρler, ѕο that thеy neeԁ thoѕe with dаta minіng jobs to ѕoгt, analyse, and earn sensе οf thе dаta, anԁ indiviԁuals wіth
algorithm jobs to crеatе thе algorіthms to make the neω prοducts
determined bу this dаta.

Heгe іs my webpаge; listen to this podcast

Anonymous said...

Today's fast life they do not have enough time to have fulltime campus programs. If you might be searching for your possible ways to receive the educational degree in comprising working in the large and small firms, you need to pay attention to associate degrees. Ever wondered what education requirements were needed in order being an art teacher.

Feel free to visit my website - what can i do With a culinary management degree

Anonymous said...

If, as claimеd, being a РMP oг pеrhaρs a PRIΝCE2 certіfied person makes one a Ρгojеct Μanagеr as well as over a half mіllions of peοple have bеen certified as Pгοϳect Manаgerѕ how
cοmе pгojects still failing at thе
70% rate. His primary motive is always to achieve success in a very project and in mind the cost allotted by you, the client. Individual product and system developers could also offer a range of courses that can provide you with product specific knowledge that may show you how to have the most out of particular resources.

Here is my web blog: project management degree in canada