Monday, January 9, 2006

Kesan-kesan Berjilbab (25)

Salam semua,

Berikut ini adalah kesan-kesan berjilbab dari teman-teman kita. Thanx berat yah! Smoga 'pengalaman' ini bermanfaat buat saling mengingatkan serta menguatkan dan meningkatkan kesadaran kita akan kewajiban menutup aurat. Mungkin juga dapat bahan renungan buat temen-teman lain yg akan berjilbab! Amin...

Buat yang temen-temen lain kalo mau kontribusi, tolong dijawab dua pertanyaan berikut:
1. Sudah berapa lama kamu berjilbab?
2. Ada pengalaman menarik selama berjilbab, kapan dan sebutkan...

Jawabnya bisa melalui mailbox atau testimonial-nya Berjilbab di Friendster atau langsung di-post aja di bagian 'comment' di bawah posting ini. Jangan 'anonymous' loh. Makasih...

wassalam,

****

Ini jawaban-jawaban yg udah masuk - bagian 25

Ayie :
saya make jilbab dua bulan stelah memutuskan masuk Islam..Alhamdulillah, baik masuk islam maupun keinginan untuk memakai jilbab datang dari dorongan hati dan beberapa peristiwa indah yang kata temen-temen sesama muslimah adalah hidayah.. Godaannya cukup berat karena saya kuliah di kampus katolik (dari TK juga masuk sekolah katolik) dan dikampus saya, saya satu-satunya mahasiswi yang erjilbab.didalam keluarga pun saya menjadi satu satunya muslim.. Subhanallah...dalam islam saya menemukan kebenaran, ketenangan dan kedamaian jiwa yang selama ini saya cari. dan dengan berjilbab, saya merasa lebih tenang, sabar, dan dekat dengan Allah. Mohon bantuan dan tips2 nya ya saudari-saudariku ^^

Chandra :
Senang sekali menjadi bagian muslimah berjilbab, Alhamdulillah... Pertama kali saya berjilbab pas hari ulang tahun ibu saya tgl 12 November 1998 krn saya ingin mempersembahkannya sebagai hadiah ulang tahun, mudah2n saya tetap istiqomah ya, amin...

Henny :
Waaa.... gak nyangka yah ada FS bwt para jilbaber, keren juga. Mmmhh... H.N.Y make jilbab tuh tanggal 3 Maret 2003, baru dua taunan sih :(. Inget banget hari pertama bener2 make jilbab tu pas mau kerumah sodara, sepulangnya dari sana, makin mantap deh buat terus mempertahankan jilbabku ini. Sebenernya keinginan bwt make jilbab tu ud ada sejak lama, tp alhamdulillah udah kesampaian walaupun baru terwujud dua taunan yang lalu. Jadi inget kata2 dari sahabatku yang sempet membuatku makin yakin untuk berjilbab: "SESUATU ITU AKAN TERLIHAT MUDAH BILA KITA BERANI TUK MEMULAINYA". Ternyata benar... dan ternyata aku berani. Mudah2an jilbab ini setia tuk manjadikanku seorang wanita sholehah yang terhormat. Amiin << KoQ jd curhat yah :D heheheh... Lam Ukhuwah tuk cemuanya... ;)

Dian :
Aku pake jilbab waktu aku mo ultah yang ke-16 kira2 3 taon yang lalu. Sbnrny aku mo pake jilbab 1 tahun sblmny krn wkt itu aku ikut sebuah pengajian trs dst aku dijelasin apa itu jilbab, apa pengaruhnya buat hidup qta di dunia smp akherat. Tapi niat itu blm kesampaean coz ju2r wkt itu sholat aku msh bolong2 jd blm diblhin ma mama, trs aku janji klo sholat aku ga bolong2 lg. Satu thn kmdian br kesampean deh. Emang sih skr aku ga bs pake yang bnr2 jilbab, coz aku msh merasa asing pake jilbab yang agk gede2 gt tp aku sll cb buat memperbaiki hidup aku. Mohon doanya!

Rahma :
Pertama kali berjilbab waktu kls 1 smp cz waktu itu masuk pesantren. Sejujurnya itu keinginan anti sendiri, ngak tau ya kali hidayah ya. ;>. Belakangan keluarga terutama papa bersyukur banget krn anaknya yang dulu super bandel n keras kepala jd berupah 180 derajat. Walaupun kdang suka pasang surut dalam beribadat anti bersyukur banget krn selalu berada dilingkungan yg kondusif n teman2 yang oc2. Buat teman2 Met berjuang N tetap semangat.

Fifin :
Pake jilbab dari kapan ya? Tanggalnya gak inget. Tapi yang jelas, hari pertama masuk ke kelas 3 SMU. Modal nekat euy... sejarahnya dimulai dari nyokap naik haji, pulang2 pake jilbab.., mulai kenalan deh sama yang namanya jilbab. Trus kakak cewekku kuliah di bandung trus make jilbab.., mulai tau deh kalo jilbab itu bukan cuma busananya ibu2. Trus pas kelas 1 SMU, ada temen yang ngajakin make jilbab kalo udah naek ke kelas 2 nanti. Aku oke2 aja, no problemo. Tapi eeh gak kesampean. Yo wis. Tapi pas akhir kelas 2 SMU, niat itu kembali muncul, kali ini dari dalam diri sendiri. Akhirnya, dengan berpegangan pada prinsip 'it's now or never', kumantapkan hati dan kuucapkan 'bismillah'.., eng ing eeng..! Tadi berjilbab deh! Alhamdulillah, sampe sekarang tidak pernah terbersit di pikiran untuk lepas jilbab. Do'akan agar bisa terus istiqomah ya...

Mayang :
SuRpiSe baNged liat ada forum seperti niy.. keRen.. my paKe jiLbab sekiTar taun 2003, paS maSi sMu.. wakTu itu my muTUsin pake jiLbab setelah ramadhan.. Sampai sekarangpun rasanya jilbab sudah jadi bagian dalam diriku.. Jilbab bikin my lebih pede dan nyaman.. walaupun banyak yang bilang pake jilbab akan menghambat karir, tapi keyakinan untuk belajar menjadi lebih baik lebih kuat membuat my maQn mantap untuk mengenakan jilbab. Jilbab is a part of moslem`s girl.. aight?

14 comments:

yanti said...

Bismillahirrahmaanirrahiim
Assalammu'alaikum Wr. Wb
Niat yanti, kalau udah nikah pengen pake jilbab. Alhamdulillah, setelah menikah tgl 3 september 2005 kemarin, yanti akhirnya pake jilbab. Tepatnya sih, setelah Idul Fitri yanti pake jilbab. Niat itu dtng nya sangat kuat, yanti sampe minta petunjuk Allah dan Bismillah apabila memang ini sudah waktunya. Mungkin ini yg dinamakan hidayah, karena yanti makin yakin dan mantap, apalagi setiap di perjalanan yg yanti lewati, selalu melihat wanita berjilbab, yanti pikir inilah mungkin saatnya, inilah hidayah dari ALLAH :)
Sekarang yanti ingin terus belajar dan berusaha untuk menjadi muslimah yg sholeh dan berperilaku seperti layaknya wanita berjilbab

Ken said...

Pertama berjilbab akhir tahun 2000, jadi udah hampir 6 tahun. Waktu itu masih kuliah dan temen2 deket kenal aku sebagai cewek yang macho, karena bener2 kayak cowok, bukan bodi atau jiwanya, tapi gayaku, suka ngebut naek motor, gak rapih dan temen2 deket cowok.Awal berjilbab, temen2 kaget dan gak percaya, tapi Alhamdulillah mereka tetap temen2 yg baik hingga sekarang.Teman2 doain aku biar tambah istiqomah ya??Godaan terberat waktu Tanteku gak suka aku berjilbab sopan, dan selalu mengatakan aku kuno, tapi aku tetep berjilbab dengan gayaku tanpa mau menuruti Tanteku...

ratria said...

Assalamu'alaikum wr wb....
Salam kenal ukhti smua...
Wah seneng bgt ada blog khusus bwt jilbaber, jd bsa saling bagi2 pengalaman
Pake jilbab pertama kali waktu masih kuliah, tepatnya di semester 5. Wkt itu sehari setelah acara KKN kampus selesai, begitu dtg ke kampus aku dah berjilbab. Tanggapan dari teman2 mereka surprise bgt, abis dl lumayan tomboy aplg utk urusan baju.
Niat utk pake sih dah lama bgt, tp bru terealisasi saat itu. Alhamdulillah skrg lg b'usaha utk mengenakan jilbab yg lebih syar'i, doain moga ttp istiqomah ya......
Salam ukhuwah

Wassalamu'alaikum wr wb

Ade Almas said...

Assalamu'alaikum WW,
Saya berjilbab mulai April 2002. Niat itu timbul saat anak saya mulai sekolah di playgruop Al Azhar. Dimana lingkungannya sangat mendukung kita untuk berpakaian muslimah dan berjilbab. Saat itu saya tidak tahu sama sekali aturan dan dasar-dasar berjilbab. Untuk bertanya pada orang yang telah mengenakan jilbab, saya agak malu. Namun niat itu sangat kuat, dan serasa saya harus segera berjilbab. Akhirnya saya ke toko buku dan membeli buku-buku masalah "jilbab" baik yang untuk pemula maupun untuk yang telah lama mengenakan jilbab. Dari membaca-baca buku-buku itu saya jadi tahu betul aturan, dasar, maupun hukum berjilbab. Sehingga niat saya semakin mantap untuk segera mengenakannya. Namun niat itu tidak bisa segera saya laksanakan karena ada satu kendala. Saat itu saya belum mempunyai uang cukup, karena sebagai seorang karyawati suatu instansi maka bila saya akan berjilbab saya harus mengganti seluruh seragam beserta atributnya. Dan itu memerlukan biaya yang tidak sedikit karena seragam instansi kami tidak hanya 1 (satu) tetapi 5 (lima) macam model. Namun rupanya Allah mendengar dan mengabulkan doa saya untuk membukakan pintu rizki, hingga akhirnya saya bisa segera melaksanakan niat saya berjilbab. Alhamdulilah sejak saat itu saya mulai berjilbab hingga sekarang. Tetapi dari berjilbab itu ada beberapa reaksi yang diluar dugaan. Reaksi yang baik, sudah pasti membuat saya bahagia. Tetapi reaksi dari teman-teman yang tidak setuju bahkan tidak suka saya berjilbab juga banyak. Hal itu saya ketahui baik langsung dari teman-teman yang menyatakan ketidaksetujuannya kepada saya maupun hanya berupa pandangan sinis dan mencibir. Semua itu saya terima dengan lapang dada dan hanya tersenyum. Dan hal itu tidak membuat saya kendur ataupun takut. Karenan saya berjilbab saya niatkan Hanya Karena Allah SWT semata. Saya tidak bereaksi berlebihan untuk mengahadapi situasi yang tidak mengenakkan tersebut. Saya berusaha menunjukkan dan merubah sifat dan perilaku saya yang kurang baik untuk menjadi lebih baik. Hal itu membuat beberapa teman mulai bersimpati dan mulai menanyakan masalah berjilbab. Saya berusaha menjelaskan semampu saya. Dan alhamdulilah karena petunjukNya sekarang ada beberapa teman di kantor saya yang mulai berjilbab. Dan saya sampai sekarang terus memotivasi teman-teman lain untuk memulai berjilbab. Saya juga merasakan begitu banyak manfaat berjilbab, dimana dulu teman-teman lawan jenis yang sering menggoda dan bahkan (maaf) kurang sopan terhadap saya, sekarang tidak lagi menggoda dan sikapnya sangat segan bahkan mereka menghargai dan menghormati kita...

novi maizir said...

Assalamualaikum Warrahmatullahi wabarakatuh

Pake jilbab dulu banget, pas SMA kelas 1 (baru aja masuk-sekitar bulan July 92). Keputusan ana pake jilbab karena setelah mengikuti Pesantren Islam selama 1 minggu, dan disana benar2x dikupas masalah wanita dan jilbab. Terus terang, pas pertama make jilbab, ditentang oleh ayah ibu dan kakak-kakak. Ayah beralasan nanti akan sulit bekerja, dan ibu alasan nanti akan dibuka. Ana berusaha istiqhimah, dan tetap memakai jilbab-dengan modal sendiri (bongkar tabungan), bahkan dapat jilbab dari sepupu2x yang udah duluan memakainya. Alhamdulillah tak lama, ayah-ibu merestui.
Masalah pekerjaan (yg dikhawatirkan ayah?),.alhamdulillah, ana baru lulus kuliah beberapa minggu, sudah bekerja di perusahaan asing yang tidak mempermasalahkan busana karyawannya. AllahhuAkbar,...setiap ada kesulitan, insyaAllah akan ada jalan keluarnya...

Anonymous said...

Assalamualiakum Wr. Wb
Pertama kali Saya pake jilbab ntu taon 1999 sebenernya dah lama dari SMP pengen pake tapi belum dapat hidayah kali yah tapi alhamdulillah sekarang dah pake tapi say ngerasa masih kurang tahu banyak soal agama saya mohon mbak-mbak dan mas-mas mau ngasih nasehat buat saya agar lebih mengerti lebih jauh tentang Islam, apa aj deh maksih banyak sebelumnya
Wassalam Wr. Wb

wiNdy said...

aSSaLamuaLaikum,,
duLu,, waKtu jaMan maSi SD wiNdy iKut TPQ!! n y9 paSti paKe jiLbab Lah,, wiNdy n9eRasa PD n nYaMan b9d! seJak iTu wiNdy biLang ke oRtu kLo wiNdy maSuk SMP meSki iTu SMPN wiNdy pen9eN paKe jiLbab,, aKhiRnya waKtu SMP wiNdy keTriMa di SMP Muhammadiyah,, so waKtu peNgaRahan peNataran wiNdy paKe jiLbab n puLang daRi saNa wiNdy suDah yaQn uNtuK paKe jiLbab 9aK haNya d seKoLah aJ,, aLhamDuLiLLah saMpe sKrg!! naManya oRang hiDup sLaLu aJ aDa coBaaN,, waKtu iTu saUdaRa JauH wiNdy peRnah biLang "wiNdy caKepan 9aK paKe jiLbab dE,," asTa9hfiRuLLah,,
doAin aJ wiNdy maSi bs beRtaHan,, aMin

wiNdy said...

aSSaLamuaLaikum,,
duLu,, waKtu jaMan maSi SD wiNdy iKut TPQ!! n y9 paSti paKe jiLbab Lah,, wiNdy n9eRasa PD n nYaMan b9d! seJak iTu wiNdy biLang ke oRtu kLo wiNdy maSuk SMP meSki iTu SMPN wiNdy pen9eN paKe jiLbab,, aKhiRnya waKtu SMP wiNdy keTriMa di SMP Muhammadiyah(tahun 1998),, so waKtu peNgaRahan peNataran wiNdy paKe jiLbab n puLang daRi saNa wiNdy suDah yaQn uNtuK paKe jiLbab 9aK haNya d seKoLah aJ,, aLhamDuLiLLah saMpe sKrg!! naManya oRang hiDup sLaLu aJ aDa coBaaN,, waKtu iTu saUdaRa JauH wiNdy peRnah biLang "wiNdy caKepan 9aK paKe jiLbab dE,," asTa9hfiRuLLah,,
doAin aJ wiNdy maSi bs beRtaHan,, aMin

Anonymous said...

Assalamu'alaikum...
Mohon bantuan do'anya... semoga calon istri saya mau berjilbab seutuhnya... saat ini dia berjilbab hanya klo mo pergi jauh aja. tapi klo di rumahnya ato lingkungan rumahnya ga pake jilbab...

RIKA RINDRA (BUNDA_ALIF) said...

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum Wr.Wb
ana udah hampir 6 tahun pake jilbab dan hampir 5 tahun ini da jd jilbaber.seru jg kalo diinget,dulu g perna kepikiran tuh mo pake jilbab apalagi jadi jilbaber krn kesannya kuno dan tertutup banget apalagi ana sdari kecil terkenal introvert banget, takut juga malah g punya teman,tp ternyata SUBHANALLAH.......setelah pake jilbab&jadi jilbaber ana semakin punya banyak teman,sohib,sodara dan tentu aja yg terpenting ana merasa g sendirian didunia ini. CUMA kadang ana sedih juga karena sering melihat(bahkan mungkin ana sendiri tidak terkecuali...{~_~})banyak yg merusak keindahan jilbab dg prilaku-prilaku yg.........,bantu ana saudara-saudaraku dg memperindah jilbab kita dengan prilaku kita biar dunia juga semakin indah dengan kehadiran kita dan agar semakin banyak yang ingin menjadi bagian dari kita.

.::nthee::. said...

Assalamu'alaykum wr wb, Kenalkan nama saya Santi, alhamdulillah sudah berjilbab sejak 21 Agustus 2000, dan seminggu sebelum itu, masih sempat beli baju baru lengan pendek. jadi, keinginan itu tiba-tiba saja, namun alhamdulillah banyak yang mendukung, bahkan mama saya sampai mengucapkan terima kasih (kebalik ya...?). Godaan terberat...ya..(sebenernya saya lebih senang menyebut tantangan sih), kita sebagai jilbaber jadi lebih hati-hati dalam bertindak dan kita jadi lebih terjaga, karena orang lain akan lebih segan klo mo gangguin.

Anonymous said...

Assalamu'alaikum wr.wb.

Kenalkan nama saya Triani Susilawati, pertama kali saya berjilbab kelas 1 SMU alhamdulillah sudah 8 tahun, awalnya niat pakai jilbab karena saya sering di ganggu laki-laki, makanya saya mutusin lebih baik pake jilbab biar lebih aman dan nyaman, terlebih saya juga lihat kakak perempuan saya yg sudah berjilbab, cantik banget.

Awalnya ibu saya ngelarang, karena takut saya kehilangan masa SMU saya apalagi semenjak SMP saya dikenal tomboy, tp saya kuatkan niat, dan nekat memakai jilbab, alhamdulillah setelah berjilbab, semakin hari semakin sedikit laki-laki yang menggangu, malah sekarang ibu saya juga sudah berjilbab :)

Memang sih saya masih belum bisa pake jilbab yg lebar-lebar gitu, selain belum siap, malu aja karena terus terang iman saya masih pasang surut kayak air laut hehehe, tp insya Allah saya akan terus berusaha untuk selalu meningkatkan iman, ibadah, sikap, kata-kata dan perbuatan supaya lebih baik.amiin.

Wassalam

aQuQao said...

bismillah
assalamualaikum..........
kenalkan nama saya dewi.n, rasanya memakai jilabab itu sangat nyaman,tenang,pikiran fresh....& terhindar dari godaan syetan,tapi aku bukan seorang jilbaber permanen, klo dirumah aku gak pakai jilbab, aq ingin sekali menjadi seorang jilbaber permanen, tlg bantu saya ya mba'

anggie said...

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pertama berjilbab tgl 1 Mei 2000. Inget banget tuh..Waktu itu aku masih semester II kuliah. Gak tau kenapa, sebelum hari H itu, seminggu sebelumnya, aku pingin beli macam2 jilbab. Alhasil, aku ajak sahabatku beli jilbab di pasar. Kita berdua dapat jilbab yang bagus2,nyaman, dan murah. Aku bilang ke sahabatku itu, suatu saat nanti, aku ingin berjilbab, entah kapan. Tgl 1 Mei itu kuputuskan untuk pakai jilbab ke kampus. Eh, nggak taunya..sampai kampus, ternyata sahabatku itu juga memutuskan pakai jilbab mulai hari itu juga! Karena sama2 gak tau kalau akan kembaran pakai jilbab mulai hari itu, ya kita sama2 surprised gitu.Kalau diingat-ingat, seneng juga bisa kompakan kayak gitu :)

Mudah-mudahan aku bisa berperilaku lebih baik lagi. Amin...

Wassalamu'alaikum Wr.Wb