Sunday, January 23, 2005

Kesan-kesan berjilbab (5)

Salam semua,

Tolong dijawab dua pertanyaan berikut dan sebarluaskan ya...
1. Sudah berapa lama kamu berjilbab?
2. Ada pengalaman menarik selama berjilbab, kapan dan sebutkan...

Jawabnya bisa melalui Friendster atau di-post di bagian comment di bawah posting ini.
Nanti jawabanmu akan di post di sini... Makasih...
wassalam,

****

Ini jawaban-jawaban yg udah masuk - bagian 5:

Kiky:
1. Baru 4 tahun ini... alhamdulillah...
2. Saya kerja di konsultan dan sering lembur... jilbab membuat saya terbebas dari segala macam godaan kalo harus pulang malam... ga seperti sebelum berjilbab dulu... pokoknya setelah saya memakai jilbab... saya merasa lebih aman kalo harus pulang malam... dan yang paling penting... jilbab membuat saya bisa menahan diri dari segala macam perbuatan yang kurang pantas.... dan membuat saya menjadi lebih sabar dan tawakal dalam menghadapi hidup...

Ciwuk:
1. Alhamdulillah udah 4 taon ini aku pake jilbab. Pertama kali pas hari pertama bulan puasa. Waktu itu masih di asrama. begitu pake, temen2 langsung heboh. soalnya pada gak percaya aja....
2. Pengalaman selama berjilbab? wah banyak banget! mulai dari yg biasa2 aja sampe yang gak kebayang sama sekali. Dan alhamdulillah, sampe skrg aku masih bisa mempertahankan jilbab ini.... Doakan aja semoga niatku buat berubah ke yang lebih baik terus ada ya? Dan buat temen2ku tercinta yang masih belom pada pake, aku doain semoga hatinya cepet tersentuh buat pake, AMIN... Pake jilbab itu enak kok. Percaya deh...

Ria:
1. Alhamdulillah saya sudajh 3 tahun berjilbab.
2. Pengalaman ini saya alami sekitar bulan Desember 2004 akhir, saya dan teman saya mendatangi sebuah kedai Bakmi di Jl.Naripan Bandung, ketika memasuki kedai, saya merasa orang-orang memperhatikan kedatangan kami, tapi saya cuek aja, karena tidak merasa ada yang salah dengan saya, ketika saya duduk dan akan
memesan, tiba-tiba pelayannya menghampiri saya dan setengah berbisik berkata, "Mbak, disini bakminya memakai daging Babi..." Astaghfirullah... saya dan teman saya kontan kaget, lalu kami pun dengan perasaan bingung campur senang juga karena telah diberi tahu, langsung meninggalkan kedai bakso tersebut. Setelah dimobil, teman saya berkata, "untung kamu pake jilbab ri, kalo' engga, aku udah makan babi, hi..." komentar teman saya yang memang belum berjilbab itu. Saya pun mengucap syukur Alhamdulillah karena ternyata
Jilbab, bagi seorang muslim memang benar-benar menunjukkan identitas kemuslimannya, dan menghindarkan diri dari hal-hal buruk...

YuKi:
1. hampir 2 tahun.
2. keluarga tidak mendukung. cuma punya 1 stel baju seragam sekolah panjang yg udah lecek selama kelas 3. kemana2 cuma pake seragam hehe...

Alifia:
1. 2.5 bulan.
2. Kali pertama mencoba menggunakan jilbab ketika melakukan wisata rohani ke Daarut Tauhid Bandung. Itupun karena tidak enak hati dengan teman2 seperjalanan yang menggunakan jilbab, baik permanen ataupun yang menggunakan hanya pada saat itu saja. Sebelumnya saya belum pernah sama sekali menggunakan jilbab, sehingga membutuhkan waktu agak lama juga untuk mengenakannya secara rapi. Dalam perjalanan Bogor-Bandung, saya tertidur dalam bis. Ketika bangun, jilbab saya lepas, untungnya tidak sampai jatuh dan teman seperjalanan juga tidur semua, jadi nggak ketahuan kalau jilbabku amburadul pada saat bangun tidur. Setelah kejadian itu, agak mikir dan berhati-hati kalau mau tidur dalam perjalanan dengan kendaraan umum...

Vivi:
1. Saya mulai berjilbab Alhamdulillah 1999.., iedul fitri hari kedua. Tadinya ngerasa belom siap untuk memakai jilbab.., apalagi saya tinggal di US yg mayoritas penduduknya bukan muslim. Malam itu ada acara halal-bihalal di kalangan warga Indonesia di kota tempat saya tinggal (Urbana, Illinois). Saya pakai jilbab di acara itu. Biasanya saya pakai jilbab hanya saat mengajar di Islamic School atau ke mesjid. Temen-temen saya nanya, "Kok tumben pake jilbab, udah make beneran nih?". Dengan rasa tidak pasti saya mengangguk saja. Saya bergumam dalam hati, saya coba mulai malam ini, InsyaAllah. Saya kira bakalan berat untuk memakai jilbab.., ternyata engga' juga tuh. Seminggu pertama sih ngerasa diliatin aja sama orang-orang kalo' jalan kemana-mana., tapi lama-lama dah biasa kali yah...Jadi ngga' peduli lagi kalo' toh diliatin.
2. Pengalaman saya yg paling berkesan selama memakai jilbab adalah saat kejadian September 11, 2001. Kebetulan saat kejadian itu saya sedang liburan ke Indonesia. Saya kembali ke US hanya lima hari setelah kejadian tersebut. Perasaan takut dan was-was menghantui saya seketika pesawat mendarat di US. It's like totaly different world. Bandara kelihatan sepi. Bendera Amerika dimana-mana. Rupanya kejadian tersebut meningkatkan patriotisme warganya. Petugas imiggrasi US yang memeriksa passport saya menganjurkan saya melepaskan jilbab dengan alasan keselamatan. Katanya beberapa wanita muslim menjadi korban kebencian dari orang-orang yang ingin "membalas dendam" dari kejadian tersebut. "This country is different since you left", katanya menambahkan. "Thank you for your advice, I'll think about it", jawab saya berdiplomatis.
Sebulan lamanya saya tidak diizinkan suami keluar rumah sendirian. Aktifitas saya sebagai ibu rumahtangga cukup terganggu. Biasanya kalau suami ke kantor saya suka mengajak anak saya Nabila, yang saat itu berusia 1.5 tahun ke library atau ke play group. kegiatan lainnya misalnya ke groccery store atau sekedar main di play ground. Tapi karena larangan suami untuk pergi sendirian terpaksa aktifitas-aktifitas tersebut ditunda dulu. Suami saya bilang kalau mau ke mana-mana harus dengan beliau. Mungkin suami saya khawatir dengan insiden yang menimpa saudara muslimah di berbagai tempat setelah kejadian 9-11. Alhamdulillah.., saya tidak pernah melepaskan hijab saya sampai sekarang.
Hikmah yang bisa saya ambil dari kejadian ini, jangan kita korbankan akidah kita untuk menyelamatkan diri. InsyaAllah kalo' kita ridho dan ikhlas menjalankan perintahNYA, kita selalu dalam lindunganNYA.

No comments: