Tuesday, June 7, 2005

Kesan-kesan Berjilbab (19)

Salam semua,

Tolong dijawab dua pertanyaan berikut dan sebarluaskan ya...
1. Sudah berapa lama kamu berjilbab?
2. Ada pengalaman menarik selama berjilbab, kapan dan sebutkan...

Jawabnya bisa melalui mailbox-nya Berjilbab atai testimonial di Friendster atau langsung di-post aja di bagian 'comment' di bawah posting ini. Jangan 'anonymous' loh kalo bisa... Makasih...

wassalam,

****

Ini jawaban-jawaban yg udah masuk - bagian 19

Irma :
Assalamu'alaikum Wr.Wb. Pencarian (atau pertentangan?) tentang jilbab mulai aku alami kls 1 SMA. Apakah jilbab itu wajib? Atau cuma budaya Arab? Eh, ketemu deh jawabannya. Ternyata menutup aurat (contohnya dengan memakai jilbab) WAJIB bagi setiap muslimah. Dalil nya bisa dilihat di Q.S. An-Nuur:31 & Al-Ahzab:59, juga bbrp hadits shohih. Alhamdulillah niat menutup aurat kesampaian juga thn '97, sewaktu kuliah semester 1... sampai sekarang... Insya4JJ1 sampai ruh berpisah dari raga, aamin. Awalnya memang untuk menjalankan syariat 4JJ1, tapi ternyata banyak sekali hikmahnya (subhanalloh). Aman, ga di isengin org. Nyaman, bebas gerak krn baju serba longgar. Sehat, kulit terlindung dari UV. Hemat, ga perlu ikutin mode yg ga jelas arahnya & slalu berubah2. Buat identitas diri, krn kemanapun qta pergi, org2 sekitar akan tau bahwa qta seorag muslimah & will treat us as a moslem. Just sharing, jadikan berjilbab sebagai langkah awal u/ memperbaiki diri, BUKAN tujuan akhir. Smoga bermanfaat.

Fitri :
berjilbab itu byk halangannya, berjilbab itu byk godaannya dgn dasar yg kuat kita pasti ga gampang goyah tp gmn cccaranya supaya sikap kita sesuai dgn karakter 'berjilbab'?

Nazla :
Pake jilbab? Dari taon 2001, ... why? Coz al Quran say that... karena gue yakin ya gue ikhlas pake jilbabnya :) Kalo denger cerita orang2 banyak kejadian yg melatar belakanginya. Kalo gue gak ada kejadian apa-apa seh, tapi suatu hari gue pernah berpikir, merenung tentang rahasia umur gue... n gue dapat kesimpulan gue gak punya pengetahuan seberapa jauh umur gue bakal di kasih ALLAH, so gak ada yg kudu gue tunda, mulai hari itu hue pake jilbab. Walau kadar iman gue turun naek, dg pake jilbab gue selalu diingatkan dengan identitas gue sebagai moslem dengan segala aturannya yang jelas dan membawa keselamatan buat hidup gue....jadi buat teman2 yg dah pake, pertahankan terus yah... buat yg belum, mmmmm..inget2 dech umur kita gak ada yg tau, kalo tidak hari ini kapan lagi... :)

Hesty :
Alhamdulillah hesty dah berjilbab semenjak tahun 2001. Awalnya emang hesty dah punya niat buat b'jilbab, tapi gak tau kenapa, godaannya buanyak banget. Sampe satu hari tie mimpi didatengin orang yang ngingetin Hesty kalo pake jilbab tuh wajib. Akhirnya puntu hati terketuk juga :) Dan Meski baru 4 taun, tapi banyak banget hikmahnya. Dulu orangtua sempet khawatir juga kalo hesty pake jilbab nanti takut susah dapet kerjaan... dan hesty juga sempet berpikiran begitu. Tapi Alhamdulillah, ternyata dengan hesty berjilbab gak ngehambat rezeki hesty sama sekali. Emang sih banyak godaannya, tapi itu sih gimana kita nanggepinnya. Hesty tau jilbab tie juga masih jauh dari sempurna, tapi doain ya biar hesty bisa lebih baik dan lebih baik lagi setiap harinya, (amin...) Dan Alhamdulillah, pada akhirnya orangtua hesty juga dah berjilbab :) Ayo friend's... wear your jilbab... :)

Dee :
d pertama kali pake jilbab tu 4 oct 2004, alasannya sendiri klo orang2 pada nanya, d jg gak tau jwbnya apa tapi yang jelas semenjak pake jilbab tuh perasaan adem aja, kdg juga sbg pagar siii, jd kt mo buat sesuatu kt jadi rada mikir (masa si gak malu ama jilbab) jadi intinya semenjak pake jilbab perasaan jadi lebih adem de... (kayaknya KEPOTONG deh di testinya?)

Irma :
Sebenernya aku nggak bisa dengan gampang nyebutin kapan tepatnya aku berjilbab. Aku harus inget2 dulu sambil ngitung2 gitu... waktu itu pertengahan kuliah. Mmm... semester 4 klo ga salah. Brarti udah 4 th pas bln Maret (klo ga salah lg).
Ya udah lah... ga penting sebrp lma kita b'jilbab, tp yg lbh penting (menurut aku) sbrp byk kemajuan kita tuk m'perbaiki cara MEMAKAInya & m'perindah hati ini... Klo byk org bilang "Semua butuh proses", aku setuju... tp sbrp konsisten kita m'jalankan proses itu. Dulu wkt p'tama x pke jilbab, msh kul, msh asal aj. Pke Jeans & kaos tangan pjg or kemeja tangan pjg tanpa m'perhatikan pendeknya baju itu, pjgnya cuma sampe pinggang aja, ketat pun ga jd soal. Alhamdulillah.. Allah trus sayang sm aku & ga pernah berhenti ngasih aku hidayah-Nya. Aku mulai malu n kyknya ga bisa nafas klo pake baju pendek n ketat gtu. Trus jilbab yg tdnya diiket kebelakang jg jd dipanjangin skrg, tanpa takut dikatain kuper,jadul,ga gaul... or apa... (kayaknya KEPOTONG deh di testinya?)

2 comments:

inga said...

Berhijab mulai Desember 2002. Alasan awalnya adalah karena saya sedih melihat teman dekat saya melepas hijabnya setelah memakainya bertahun-tahun. Oleh karena itu saya ingin menunjukkan bahwa hijab tidak akan membuat perempuan lemah, kuno, jelek, seperti alasannya melepas hijab.

Alhamdulillah niat yang lillahi ta'ala ini dimudahkan. Mudah sekali tampil cantik dan sesuai dengan identitas muslimah. Hijab untuk saya membuat saya lebih menjaga diri dan percaya atau tidak, orang-orang lebih sering mendoakan.

Contoh doa: ucapan salam bahkan ketika tidak saling kenal, panggilan bu haji yang alhamdulillah sudah terwujud, dll.

Anonymous said...

Assalamualaikum wbt.
aku mulai pake jilbab sejak sd (1996),, karena sd-ku dulu di malaysia,, jd wajib kudu harus pake jilbab,, dulu aku ga suka bgt pake jilbab,, trus waktu pindah ke indonesia,, karena udah kterusan pake jilbab jd kalo lepas rasanya kaya telanjang,, emang sih dulu aku itu munafik bgt,, pake jilbab tp ga pernah melaksanakan ibadah, godaannya banyak bgt! berapa kali aku digoda untuk melepas jilbab ku,, aku itu orangnya suka beraktifitas ekstrim dan dulu aku nganggep jilbab itu menghalangi segala kegiatan yang aku suka..tapi sejak aku SMA,, aku mulai sadar bahwa selama itu aku salah,, sangat salah,, aku coba ngulang dari awal,, Alhamdulillah,, sekarang aku bersyukur bgt aku berjilbab,, aku ingin memperbaiki diri dari dalam dan juga luar,,
p/s: aku bener2 ngerasa cantik pake jilbab tanpa perlu mendedahkan aurat. hehehe