Tuesday, April 18, 2006

Lepas Jilbab Sebagai Syarat Diterima Kerja, Bagaimana?

(Sumber: www.eramuslim.com)

Pertanyaan

Assalaamu'alaikum Wr Wb Alhamdulillah, semoga ustazd selalu dalam lindungan Allah. Ustazd yang terhormat, Usia saya 24 tahun dan saya sudah berjilbab kira-kira 6 tahun yang lalu. Saya baru lulus dari perguruan tinggi dan saat ini saya ingin mencari kerja. Bagaimana ustazd, jika perusahaan yang kita lamar itu meminta untuk melepas jilbab, sementara saya sendiri tak mau melepas jilbab? Jawaban apa yang harus kita utarakan?

Wassalaamu'alaikum Wr Wb,
Ukhti


Jawaban

Assalaamu'alaikum Wr Wb,
Aturan jilbab bukan aturan manusia, namun aturan Allah SWT. Yang namaNya Allah adalah Dzat Yang Maha Mulia dan Maha Agung yang aturanNya tak bisa disejajarkan dengan aturan manusia. Dialah Pencipta, Pemilik, Pemelihara Alam semesta ini, Dialah Pemberi Rezeki pada semua makhluk.

Yang seperti itu, jika menyuruh sesuatu, tak bisa kita bantah, dengan alasan apapun. Dibandingkan Allah, apalah kuasa seorang kepala kantor, meskipun ia mempunyai kekuasaan dalam lingkup kantornya, apakah ia sanggup menahan nyawanya sendiri ketika harus mati? Atau apakah seorang yang paling berkuasa di dunia ini sanggup berbuat demikian?

Bahkan seorang presiden sebuah negara adidaya semacam Amerika, apakah sanggup menahan kematian yang sudah sampai? Banyaklah contoh-contoh lain betapa manusia tak layak membuat-buat aturan yang menentang atau berlainan dari aturan Allah sebab tak ada yang sebanding dengan Dia.

Jika kantor tempat anda melamar memberi alasan tak dapat menerima anda karena anda berjilbab atau mereka mau menerima anda asalkan anda membuka jilbab, maka sampaikanlah apa yang kami sampaikan ini pada mereka, siapapun yang menghadapi anda. Dan kalau perlu, buatlah surat pembaca di koran terkenal tentang kelakuan aparat kantor tersebut, agar orang-orang tahu siapa mereka. Dan anda sendiri? Tolaklah kantor seperti itu, sebab jika anda menuruti kemauan mereka sama saja anda sudah menganggap mereka lebih berkuasa dari Allah dan anda bisa terjatuh dalam dosa syirik, mempersekutukan Allah dalam hukum-hukumNya.

Ketahuilah, rezeki di sisi Allah jauh lebih baik dari pada apa yang di-iming-iming para hamba setan penentang Allah. Dan Allah-lah Yang Maha Kuasa atas rezeki. Berharaplah kepada Allah, jangan kepada yang lain. Wallahua?lam bishshowwaab

Wassalaamu'alaikum Wr Wb

HM Ihsan Tanjung dan Siti Aisyah Nurmi

4 comments:

Anonymous said...

Assalamualaikum wr.wb

Yakinlha bahwa segala sesuatu Allah yamg mengatur..kuatkanlah hati anda tetap memakai jilbab...ini pengalaman saya yang hidup di negri yang minoritas muslim..yang masyarkatnya menganggap agama itu bukan bagian yang penting..tapi saya tetap mempertahankan untuk tetap memakai jilba..pada saat melamar kerja pun..diminta untuk tidak memakai jilbab..tapi saya tetap mempertahankan untuk memakai jilbab...yakinlah jika memang itu rezeki anda..pasti akan jadi milik anda..bahkan bisa menjadi dakwah bagi orang yang melihatnya untuk berpikir

Anonymous said...

sip kemarin jg baru ngelamar kerja di resto solariya yang ada di Royal plaza, ehh disuruh lepas jilbab ya uda g jadi.

Anonymous said...

get cheap BYeXsKna [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/]australia ugg boots[/URL] for less TOfIpcLb [URL=http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ ] http://www.ugg--outlet-online.blogspot.com/ [/URL]

Rohani Rahayu said...

semoga kita selalu dalam bimbingan dn pertolonganNya.kemarin saya juga baru melamar kerja tapi disuruh lepas krudung. Jadi saya pun pulang.