Friday, March 18, 2005

Kesan-kesan Berjilbab (11)

Salam semua,

Tolong dijawab dua pertanyaan berikut dan sebarluaskan ya...
1. Sudah berapa lama kamu berjilbab?
2. Ada pengalaman menarik selama berjilbab, kapan dan sebutkan...

Jawabnya bisa melalui mailbox-nya Berjilbab di Friendster atau di-post aja di bagian 'comment' di bawah posting ini. Makasih...
wassalam,

****

Ini jawaban-jawaban yg udah masuk - bagian 11

dYaHwiE:
1. berjilbab sudah sekitar 3-4 tahun kali yak...sejak lulus SMU..
2. Pengalaman menarik... mungkin Januari tahun 2005 ini... ketika saya berada di Jepang dalam rangka program pertukaran mahasiswa di Universitas Tokyo... waktu itu saya sama beberapa temen sedang berjalan di dekat stasiun, menuju ke kampus karena waktu itu sedang ada pesta mochitsuki (membuat kue mochi, kue dari beras khas Jepang)... Di dekat stasiun, seorang bapak petugas pengatur lalu lintas bis, sambil sibuk bekerja dengan tongkat dan peluitnya, bertanya pada rombongan kami... Orang Islam ya? Dari negara mana? Saya yang menyadari bahwa si bapak bertanya begitu karena jilbab saya, setelah mengiyakan menjawab bahwa kami dari Indonesia dan Malaysia...(ada temen dari Malaysia, cowok) Trus si Bapak bilang: `Jibaku..Jibaku...` karena pemahaman bahasa Jepang pas-pasan, kmai mengira arti kata tersebut adalah `Take care of yourself`... tapi belakangan, kami tau bahwa artinya adalah `self-exploding`... alias bom bunuh diri... selama di Jepang, itulah pengalaman paling tidak mengenakkan berkaitan dgn jilbab..(biasanya tidak ada yang berkomentar seperti itu..) tapi itu juga menjadi pengalaman yang berharga, yang memacu diri untuk semakin giat berusaha dan berdoa untuk menunjukkan bahwa Islam dan Jilbab bukanlah Teroris atau pelaku `jibaku`...
Semoga kisah ini bermanfaat... dan semoga mata dunia lebih terbuka untuk melihat kedamaian dan keindahan Islam yang sesungguhnya, yang benar-benar tercermin dalam perilaku umat Islam di dunia nyata... Aminnn...^_^

Zeva:
Gw make kerudung sejak kls 1 SMP, pertamanya bukan karena niat loh, tp cuz at that time, gw skul di SMP Islam. Waktu itu gw baru balik dari Melbourne Australia n waktu itu, kerasa berat bgt bwat gw utk make krudung, bayangin aja, baru balik dari luar negeri yg budayanya beda, gw dibesarin disana... n balik2 langsung harus make & bukan karna gw niat! Ga easy loh, dulu gw anak modern dance, aktif di tim atletik skul, ngikutin tiap school disco, yaa average pre-teen gmn seh? Palagi gw lama di "dunia barat bule" sejak TK pula, nah... maQn lama, gw maQn nyadar bahwa make krudung tuh 100%wajib! Emang susah n jujur aja, sekarang gw ttp masih blajar, masih rada labil... tapi gw ngerasain sesuatu, klo make, gw tuh ngerasa damai gt deh, heuheu, walo blon bisa berbusana bener2 ky seorang muslimah,tp smua jg butuh waktu.

Ade:
1. Mulai berjilbab sejak tamat sma, kalo' ga salah sktr taon 2001 gitu...
2. Pengalaman yang dirasakan berjilbab? Apa ya? Mungkin jadi merasa aman aja, krn banyak yang ga berani ngagangguin...hehehe, apa lagi ya? kayaknya baru itu, jarang maratiin soalnya... sori ya kalo' jawabannya krg memuaskan..:)

Iien:
1. Aku berjilbab blm lama seh... blm setaon
2. Perasaannya alhamdullilah semakin ngrasa aman dan dkt ma Allah insya Allah... jd lebih ngerasa enteng aja... kayaknya lebih menunjukkan identitas muslimah...

Achie:
1. Aku pake jilbab sejak kls satu smp sekitar tahun 1995. jadi +/- sudah 10 th'an
2. Aku punya seorang sahabat cowok yang akrab banget. Kita bersahabat skitar 4 tahun. Dia udah kayak keluarga. Pernah suatu hari dia maen kerumah dan aku gak tau karena aku lagi di kamar mandi. Begitu aku keluar kamar mandi aku kaget bgt, karena ada dia sedangkan aku dalam keadaan gak pake himar/jilbab. Aku bingung hrs gimana... Aku lgsg masuk kamar, aku agak lama di kamar karena aku sholat. Skitar 15 menit dikamar, aku keluar. Tapi sahabatku itu tdk berkomentar sedikitpun ttg hal tadi. Aku sedikit heran krn sahabtku itu termasuk jahil dan dia emang penasaran bgt sama rambutku yang selama ini tertutup. Alhamdulillah bgt, ALLAH menyelamatkanku. Dia tau kl aku pd saat itu ga pake jilbab, tp dia sedikitpun ga sadar dan ga begitu memperhatikan aku... katanya sih dia nyesel bgt gak sempet memperhatikan aku...

5 comments:

nelf said...

Aku berjilbab dr tahun 1997, tepatnya 20 april 1997. Hihih...inget banget yah..krn d hari itu, Allah memberi aku rahmat yang gede banget. Selama aku berjilbab, mungkin tidak 100% menjadi baik, tp mungkin kalau aku tidak berjilbab akan menjadi -100% tidak baik. Jilbab benar2 membeikan hidayah yang besar bagi ku... alhamdulillah.....(nelfa)

Anonymous said...

aq mulai b'jilbab dari kelas 5sd sekitar thn 95 gitu d...udah brapa thn tu???hehehe...itung sendiri aja d...
sejujurnya aq g ngerti ini namanya rahmat atau bukan,soalnya aq b'jilbab krn masuk pesantren...tp alhamdulillah..g cuma di psantren aja b'jilbabnya,sampe skrg aq kuliah alhamdulillah aq msh bisa menjaganya..
tapi smpi saat ini aq masih b'usaha untuk m'jilbabkan hati...kata org kan jilbabin dulu hatinya,baru kepalanya???kira2 itu benar g ya??karna aq yakin,m'jilbabkan hati akan terdorong dgn b'jilbabnya kepala kita,,Insya Allah itu benar...gmana pendapatnya???
wassalam

die-die said...

aq mulai b'jilbab dari kelas 5sd sekitar thn 95 gitu d...udah brapa thn tu???hehehe...itung sendiri aja d...
sejujurnya aq g ngerti ini namanya rahmat atau bukan,soalnya aq b'jilbab krn masuk pesantren...tp alhamdulillah..g cuma di psantren aja b'jilbabnya,sampe skrg aq kuliah alhamdulillah aq msh bisa menjaganya..
tapi smpi saat ini aq masih b'usaha untuk m'jilbabkan hati...kata org kan jilbabin dulu hatinya,baru kepalanya???kira2 itu benar g ya??karna aq yakin,m'jilbabkan hati akan terdorong dgn b'jilbabnya kepala kita,,Insya Allah itu benar...gmana pendapatnya???
wassalam

Ririn said...

Alhamdulillah saya sudah pake jilbab dari kelas dua sma, tahun 2000, jadi.. kurang lebih hampir 5 tahun.
Jilbab merupakan identitas saya sebagai seorang muslimah. Kebetulan saya kuliah di jurusan Hubungan Inernasional di salah satu universitas katolik di bandung, pertanyaan-pertanyaan mereka ttg Islam inilah salah satunya yg membuat saya makin tertarik u/ tau lebih banyak ttg agama Islam (mengingat pengetahuan saya ttg agama masih minim, hehe..). Pengalaman menarik terjadi baru-baru ini, setiap kali dosen menerangkan ttg hal yg berkaitan dg Islam, hukum Islam atau bahkan terorisme (yg sering dikaitkan dg Islam), mereka sering confirm dulu ke saya dan teman" jilbaber lainnya, sehingga beliau tidak dengan gampang mengeluarkan opini seenaknya ttg Islam. Selain itu, yang pasti saya berasa lebih secure ajah.. Orang" lebih segan ke qta, Alhamdulillah juga sedikit banyak jilbab juga udah ngebawa saya ke lingkungan dan pergaulan yg lebih baik.

Anonymous said...

mulai berjilbab kelas 1 sma, jadi hampir 15 tahun..
kesan2??
1)sedih! hehe.. kok sedih? soalnya, ternyata berjilbab itu lebih gampang daripada jaga hati, jaga kelakuan, jaga pandangan, dll.
2)bersyukur.. kebayang aja kalo dulu nggak nekat berjilbab, mungkin saya akan lebih permisif dan tidak terjaga.
kesimpulan... just jilbab is not enough.. mudah2an kita semua diridhoi untuk terus meningkatkan derajat takwa..