Tuesday, September 6, 2005

2006, Jerman Berlakukan Larangan Berjilbab

Innalillahi wa inna ilaihi roojiuun... Berita ini patut membuat kita bersyukur dengan kemudahan yg diberikan utk selalu menjalankan perintah2Nya... Sebagian saudara-saudari kita di belahan bumi yang lain tidak mendapat kemudahan yg sama... Semoga Allah memberikan kekuatan iman dan islam kepada kita semua utk selalu berada di jalanNya. Amin...


2006, Jerman Berlakukan Larangan Berjilbab
(Sumber: eramuslim.com)

Larangan mengenakan jilbab di negara-negara Eropa makin meluas. Musim panas tahun 2006, negara Jerman rencananya akan memberlakukan larang berjilbab di sekolah-sekolah bagi guru-guru yang muslimah.

Sejumlah pejabat di negara bagian North Rhine-Westphalia, pada harian Jerman Westdeutsche Allgemeine Zaitung, hari Rabu (31/8/05) mengatakan, larangan itu bukan diarahkan pada keyakinan agamanya dan keputusan itu akan dididiskusikan secara hati-hati dengan kelompok-kelompok muslim.

"Guru wanita dan pria tidak diperkenankan untuk mengemukakan pandangan-pandangan dunia atau keyakinan agama tertentu yang bisa mengganggu atau membahayakan kedamaian di sekolah," ungkap Barbara Sommer Said, yang mengepalai sekolah-sekolah di North Rhine-Westphalia."

Itulah sebabnya, mengapa kami ingin melarang guru-guru yang muslimah, mengenakan jilbab di sekolah," ujarnya.

Sommer adalah anggota dari partai Kristen Demokrat, yang mengalahkan kanselir Gerhard Schroeder dari partai Sosial Demokrat dalam pemilihan pada bulan Mei kemarin di wilayah pemilihan North-Rhine-Westphalia. Ketua partai Kristen Demokrat, Angela Merkel, yang menentang keanggotaan penuh negara Turki ke Uni Eropa, kemungkinan akan menggantikan Schroeder sebagai kanselir dalam pemilihan umum bulan depan.

Menurut harian Jerman Westdeutsche Allgemeine Zaitung, larangan berjilbab ini kemungkinan akan mulai diberlakukan pada Agustus 2006. Sebelumnya, negara bagian Badden-Wuerttemberg, negara bagian ketiga yang paling padat penduduknya di Jerman, sudah memberlakukan larangan berjilbab di sekolah-sekolah bagi para guru yang muslimah. Saat ini, di Jerman, terdapat sekitar 3 juta warga Muslim yang mayoritas berasal dari keturunan Muslim Turki.

No comments: